Kalkulator Peternakan Uang

Salah satu materi yang paling menarik bagi peserta dari sesi training perencanaan keuangan saya adalah ketika berbicara tentang cara berternak uang 100 ribu menjadi 1 miliar. Bagaimana caranya ? Kita akan bahas dalam artikel berikut ini.

Dalam ilmu perencanaan keuangan sebenarnya tidak dikenal dengan istilah peternakan uang, saya gunakan istilah ini dengan mengutip salah satu guru saya yaitu Pak Tung Desem Waringin alias TDW. Peternakan uang dalam ilmu perencanaan keuangan dapat disamakan dengan yang namanya konsep investasi atau bahasa lebih awamnya adalah konsep bunga ber bunga atau bunga compounding.

Bunga compounding atau bunga ber bunga inilah yang juga dikenalkan oleh Albert Einstein sebagai keajaiban dunia yang ke-8. Untuk teman-teman yang muslim mungkin istilah ini agak kurang nyaman tetapi yang saya mau bahas di sini adalah konsep perhitungannya secara ilmu matematika. Nanti masalah pemilihan produk investasinya silakan bisa disesuaikan dengan keyakinan masing-masing.

Oke, sebagai sebuah contoh kalau saya mempunyai uang 100 ribu kemudian uang tersebut saya investasikan di sebuah produk dengan bunga 10% per tahun tanpa pernah diambil pokok maupun bunganya maka pada akhir tahun pertama uang saya plus bunganya menjadi 110 ribu, tahun kedua menjadi 121 ribu, tahun ketiga menjadi 133.100, tahun keempat menjadi 146.410, tahun kelima menjadi 161.051 dan kalau saya diamkan terus menerus ternyata uang 100 ribu saya ini akan menjadi sebesar 1 miliar. Gak percaya silakan lihat tabel di bawah ini :

Tabel Kalkulator Peternakan UangNah benar khan uang 100 ribu bisa berubah menjadi 1 miliar meskipun membutuhkan waktu yang sangat lama yaitu 100 tahun. Lalu gimana dong caranya supaya kita bisa mengubah uang 100 ribu menjadi 1 miliarnya menjadi lebih cepat ?

Pertama, uang 100 ribunya kita bisa ganti dengan nilai yang lebih besar misalkan menjadi 1 juta atau 10 juta atau 100 juta. Kalau dengan uang 1 juta untuk menjadi 1 miliar ternyata membutuhkan waktu sekitar 75 tahun, 10 juta selama 50 tahun dan kalau 100 juta selama 25 tahun.

Kedua, periode investasinya saya persering tidak hanya 1 kali tetapi secara periodik misalkan secara tahunan atau bulanan. Kalau 100 ribu tiap tahun maka mencapai 1 miliar akan membutuhkan waktu selama 75 tahun dan kalau secara bulanan selama 45 tahun.

Ketiga, bunganya kita per besar misalkan menjadi 20 atau 25 persen. Bagaimana hasilnya ? Dengan sekali investasi 100 ribu bunga 20% maka untuk mencapai 1 miliar membutuhkan waktu selama 51 tahun dan kalau bunga 25% selama 42 tahun. Tapi hati-hati kalau kita mencari investasi dengan bunga yang lebih besar maka otomatis risiko juga akan semakin besar.

Sekarang bagaimana kalau kita kombinasikan ketiga cara tersebut untuk mendapatkan uang senilai 1 miliar ? Silakan anda bisa hitung sendiri menggunakan kalkulator perencanaan keuangan yang sudah saya siapkan untuk anda di halaman kalkulator perencanaan keuangan. Silakan pilih menu kalkulator peternakan uang.

Mari kita ambil sebuah contoh, misalkan saya mau investasi 500 ribu per bulan di instrumen reksadana saham dengan asumsi pertumbuhan rata-rata per tahun 20% maka saya akan mendapatkan hasil sebesar 1 miliar selama 18 tahun.

Nih contoh screenshot dari perhitungan kalkulator peternakan uang :

Kalkulator Peternakan UangSelanjutnya silakan anda dapat menghitung sendiri secara bebas menggunakan kalkulator peternakan uang yang sudah saya sediakan untuk anda.

Untuk yang mau diskusi silakan isi komen di bawah ya.

Salam Cerdas Finansial,

Andreas Hartono, CFP

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.