Pertanyaan Dari Pak Babal :

Selamat sore Pak Andreas, saya mempunyai rencana untuk membeli reksadana. Saya punya tabungan yang selama ini saya tempatkan di deposito. Rencana mau saya pindahkan ke reksadana pendapatan tetap karena akan dipakai 2 atau 3 tahun lagi uangnya. Menurut bapak, rekomendasi Reksadana Pendapatan Tetap mana yang paling bagus untuk dipilih. Di tunggu saran nya pak. Terima kasih.

Ruang Konsultasi : Rekomendasi Reksadana Pendapatan Tetap 2018

Hai Pak Babal, untuk jangka waktu 2-3 tahun ke depan memang ada beberapa produk investasi yang dapat digunakan yaitu reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang ataupun deposito. Nah sebelum anda memutuskan untuk membeli produk investasi maka saya perlu sampaikan 3 aturan main sebagai berikut :

Pertama – faktor risiko, dalam dunia investasi maka yang risikonya paling minimal bahkan sangat minimal itu adalah tabungan dan deposito karena ada jaminan dari negara melalui Lembaga Penjaminan Simpanan atau LPS. Sedangkan untuk produk reksadana tidak ada jaminan artinya dalam situasi paling buruk uang anda bisa saja hilang. Nah siapkah anda untuk menerima konsekuensi ini ? Kalau siap maka anda bisa menempatkan uang anda di reksadana kalau tidak maka deposito masih menjadi pilihan yang terbaik.

Kedua – fluktuasi investasi, berbeda dengan deposito yang memberikan bunga fixed per periode tenornya maka reksadana tidak ada patokan berapa hasil investasi yang bisa kita dapatkan semua tergantung pada faktor ekonomi negara kita dan juga dunia. Artinya dalam 2-3 tahun ke depan reksadana yang anda pilih bisa saja mendapatkan hasil yang lebih tinggi dari deposito tetapi masih ada kemungkinan juga lebih rendah dari deposito. Gimana ? Jadi lanjut reksadana ?

Ketiga – pilihan reksadana, reksadana sendiri ada beberapa jenis dan yang paling umum itu ada reksadana pasar uang, pendapatan tetap, saham dan campuran. Reksadana saham secara return umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya tetapi memiliki fluktuasi hasil investasi yang sangat besar. Sebaliknya reksadana pasar uang memiliki fluktuasi yang paling rendah. Untuk meminimalkan risiko reksadana pasar uang kita pilih untuk tujuan investasi jangka pendek 2-3 tahun sedangkan reksadana saham untuk tujuan jangka panjang di atas 10 tahun.

Nah menjawab pertanyaan anda kalau uang dibutuhkan 2-3 tahun ke depan maka sebenarnya pilihan yang paling kecil risikonya memang reksadana pasar uang atau pendapatan tetap. Lalu produk yang mana yang bisa kita pilih? Untuk menjawab pertanyaan ini tidaklah mudah karena setiap jenis reksadana memiliki karakteristik yang relatif berbeda setiap tahunnya. Maksudnya bisa saja tahun ini kinerjanya bagus tetapi tahun depan bisa saja tidak bagus. Berikut adalah kinerja rata-rata jenis reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap dalam 1,3 dan 5 tahun terakhir yang saya dapatkan dari Indopremier :

Membeli Reksadana Pendapatan Tetap

Kalau melihat dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dalam 1-5 tahun terakhir reksadana pasar uang bertumbuh di kisaran 5,3 sd 5,9% rata-rata per tahun sedangkan reksadana pendapatan tetap di kisaran 6,0 sd 9,7% rata-rata per tahun.

Lalu pertanyaannya kalau mau beli reksadana pendapatan tetap maka mana rekomendasi reksadana pendapatan tetap yang dapat dipilih saat ini? Pilih saja yang pertumbuhannya berada di sekitaran rata-rata di atas dan dengan jumlah dana kelolaan di atas 250 miliar antara lain BNP Paribas Omega, Bahana Makara Prima, Danamas Stabil, Manulife Obligasi Unggulan atau TRIM Dana Tetap 2.

Tapi mohon dicatat rekomendasi reksadana pendapatan tetap ini bisa saja berbeda dengan kenyataan yang akan dihadapi karena kita tidak dapat memprediksi dengan sangat tepat apa yang akan terjadi di masa mendatang. Gunakan rekomendasi ini dengan bijak, selalu evaluasi pilihan produk investasi kita setiap 6 bulan sekali dan ingat 3 aturan main di atas. Terima kasih.

Salam Cerdas Finansial,

Andreas Hartono, CFP

1 COMMENT

  1. selamat siang ..saya ingin berinvest di reksadan tp tujuannya adalah untuk pendidikan anak saya yang saat ini berusia 3 th ..saya inginnya berinvestasi tiap bulan misal 300rb ..apakah bapak punya saran sebaiknya saya memilih invest reksadana pasar uang atau pendapatan .dan kira kira bapak punya rekomendasi dimana saya bisa membelinya .. terimakasih

Leave a Reply