Pertanyaan dari Ibu Neng Fitri Apriliani : Selamat siang, saya ingin berinvestasi di reksadana untuk tujuan dana pendidikan anak yang saat ini berusia 3 tahun. Saya inginnya berinvestasi setiap bulan misal 300 ribu. Saran bapak apakah sebaiknya saya memilih investasi di reksadana pasar uang atau rekdana pendapatan tetap dan kira-kira bapak punya rekomendasi dimana saya dapat membelinya. Terimakasih.

Konsultasi Dana Pendidikan Anak

Terima kasih untuk Ibu Neng Fitri Apriliani atas pertanyaannya. Pertama-tama selamat anda telah melek finansial untuk melakukan investasi khususnya dana pendidikan anak anda yang saat ini masih berusia 3 tahun.

Menjawab pertanyaan Ibu sebenarnya masih ada informasi yang kurang jelas yaitu dana pendidikan anak yang dimaksud untuk dana pendidikan apa ? Untuk SD, SMP, SMA atau perguruan tinggi. Beda tujuan investasi akan berbeda produk investasi yang dapat digunakan. Semisal untuk dana pendidikan anak untuk masuk SD 3 tahun lagi maka produk yang paling relevan adalah reksadana pasar uang sedangkan untuk dana pendidikan anak untuk kuliah di 14 tahun mendatang maka pilihan yang paling relevan adalah reksadana saham.

Nah jadi dalam prinsip investasi harus tahu dulu tujuannya untuk apa, baru dapat dicarikan produk yang paling sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. Kemudian untuk menentukan berapa besar uang yang harus ibu sisihkan silakan dapat dihitung menggunakan kalkulator perencanaan keuangan atau dapat melihat contohnya dalam artikel tentang persiapan dana pendidikan anak.

Masalah dimana tempat untuk membeli reksadana saat ini sudah sangat relatif mudah, antara lain Ibu dapat membelinya secara online di www.indopremier.com ataupun di www.bukalapak.com. Saat ini membeli reksadana sudah sangat mudah seperti membeli baju ataupun handphone melalui toko online.

Oh ya untuk tujuan jangka pendek selain reksadana Ibu juga dapat membeli produk investasi lainnya seperti logam mulia secara cicilan yang ada di Pegadaian.

Untuk anda yang ingin mengedukasi karyawan tentang perencanaan keuangan khususnya investasi reksadana untuk persiapan dana pendidikan anak silakan dapat menghubungi Andreas-Hartono Academy di 0811.128.338. Terima kasih.

Salam Cerdas Finansial,

Andreas Hartono, CFP

Andreas Hartono adalah seorang Mindset & Financial Motivator dan penulis 2 buah buku perencanaan keuangan "Nasibmu di Dompetmu" dan "Secangkir Cerdas Finansial". Andreas Hartono telah memberikan training kepada ratusan perusahaan dengan puluhan ribu alumni.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.