Asuransi Berwujud MLM atau MLM Berwujud Asuransi

Dalam 1-2 tahun ini sering sekali saya mendapatkan pertanyaan mengenai produk 3i dari CAR dan dan beberapa produk sama yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi yang berbeda. Harus diakui bahwa dunia bisnis dan asuransi memang berkembang relatif cepat untuk memenuhi tuntutan pasar dan peluang yang ada. Tetapi sayangnya kecerdasan finansial masyarakat Indonesia tergolong minim bahkan dapat dikatakan sangat minim sehingga setiap bulan bahkan setiap minggu kadang ada saja orang yang konsultasi masalah asuransi yang sebenarnya salah beli produk.

Kembali ke topik bahasan masalah produk 3i dari CAR sebenarnya itu produk apa sih ? Investasi atau tabungan atau asuransi atau MLM ? Kalau dari nama perusahaannya rasanya kita bisa menebak kalau ini adalah produk asuransi yang dikemas secara unik sehingga terasa sangat menarik dan menjanjikan.

Tapi kalau ditelaah lebih jauh maka banyak persepsi yang agak rancu dengan produk ini, mari kita lihat satu per satu.

Pertama, apakah ini cocok disebut produk asuransi jiwa ? Kalau melihat premi yang dibayarkan 350 ribu per bulan dengan manfaat asuransi jiwa 21 juta, koq rasanya kecil sekali ya antara manfaat yang diterima dengan uang premi yang dibayarkan. Sebagai perbandingan asuransi jiwa murni bagi seorang yang usia 40 tahun untuk mendapatkan pertanggungan jiwa 100 juta hanya perlu keluar biaya premi sekitar 50  ribu saja per bulan. So kalau anda mengambil produk ini untuk tujuan utama sebagai asuransi jiwa maka kesimpulannya anda memilih produk yang kurang tepat.

Kedua, apakah ini cocok disebut dengan produk investasi ? Kalau melihat dasar produk yang berupa unit link maka ada yang namanya biaya akuisisi yang membuat uang kita bukan bertambah bahkan pasti berkurang di tahun – tahun awal. Tidak hanya produk 3i dari CAR ini saja tetapi hampir semua produk unit link tidak direkomendasikan sebagai investasi untuk tujuan utama. Sebagai ilustrasi kalau saya belikan produk 3i dari CAR ini dengan membayar premi 350 ribu per bulan maka hasilnya di 5 tahun mendatang sekitar 21 juta dengan asumsi pertumbuhan 14%. Bagaimana kalau kita tempatkan di reksadana dengan pertumbuhan yang sama 14% ? Ternyata hasilnya akan menjadi sekitar 30 juta. Jadi kalau mau menjadikan produk CAR ini sebagai investasi tujuan utamanya rasanya koq juga bukan produk yang tepat ya.

Artikel Rekomendasi :  Ruang Konsultasi : Dana Pendidikan Anak

Ketiga, apakah ini cocok disebut sebagai tabungan ? Kalau tabungan anggap saja kita tempatkan di produk yang bernama tabunganku dengan bunga 0% dan tanpa biaya administrasi maka dalam 5 tahun dengan menabung 350 ribu per bulan akan menghasilkan nilai yang pasti yaitu 21 juta. Hasil ini ternyata sama dengan asumsi investasi di CAR dengan return 14%. Koq bisa return 14% hasilnya sama dengan tabungan bunga 0% ? Ya khan ada biaya akusisi seperti yang dijelaskan di poin kedua. Jadi kalau dianggap sebagai produk tabungan gimana ? Ya mungkin bisa saja dan ini rasanya lebih cocok dibandingkan dengan menyebut produk investasi.

Keempat, apakah ini cocok disebut sebagai produk MLM ? Kalau melihat dari mekanisme kerja yang ditawarkan dengan bonus ini dan bonus itu sebenarnya produk ini sangat cocok disebut sebagai produk MLM sehingga tujuan utamanya bukan untuk asuransi apalagi investasi tetapi dapat digunakan sebagai kendaraan bisnis. Sama halnya dengan produk sabun atau kecantikan yang dijual dengan konsep jaringan. Nah jadi kalau anda mengambil produk 3i dari CAR ini pastikan anda ambil dengan tujuan untuk bisnis mendapatkan keuntungan dari bonus-bonus dengan membentuk sebuah jaringan, semakin keras anda bekerja membentuk jaringan maka semakin banyak bonus yang anda akan dapatkan. Jadi kalau mau beli 3i dari CAR ini bekerjalah membentuk jaringan jangan didiamkan saja dan bersifat pasif.

Kesimpulannya kalau mau asuransi silakan beli asuransi yang real asuransi (baik term ataupun unitlink) dan juga kalau mau investasi silakan beli produk real investasi seperti reksadana atau saham atau logam mulia saja. Dan kalau mau beli 3i dari CAR jadikanlah dia sebagai kendaraan untuk bisnis MLM sesuai dengan tagline mereka yaitu 3i network dengan membentuk jaringan untuk menambah penghasilan dan memperbagus aliran cashflow anda.

Artikel Rekomendasi :  Ruang Konsultasi : Dana Pendidikan Anak

Selamat memlih kendaraan yang tepat untuk setiap tujuan finansial anda.

Salam Cerdas Finansial,

Andreas Hartono, CFP

Andreas Hartono adalah seorang Mindset & Financial Motivator dan penulis 2 buah buku perencanaan keuangan "Nasibmu di Dompetmu" dan "Secangkir Cerdas Finansial". Andreas Hartono telah memberikan training kepada ratusan perusahaan dengan puluhan ribu alumni.

1 COMMENT

Leave a Reply