Selamat datang tahun 2013, meskipun artikel ini sudah lewat 8 hari tapi akan sangat berguna untuk merealisasikan resolusimu di tahun 2013 ini.

Mendengar resolusi pasti identik dengan tahun baru, di mana setiap orang membuat janji pada dirinya sendiri maupun keluarganya untuk melakukan sesuatu yang lebih baik di tahun depan. Apakah anda pernah membuat resolusi dan bagaimana hasilnya ? Hahaha, bicara hasil ini yang biasanya menjadi masalah karena kebanyakan resolusi hanya resolusi tanpa action plan yang berarti.

Nah tahun ini saya akan mengajak anda untuk membuat resolusi yang berhubungan dengan keuangan anda dan nanti kita buat menjadi otomatis. Enak khan nanti resolusi anda bisa berjalan secara otomatis dan anda tinggal pantau hasilnya tahun depan sampai resolusi anda tercapai. Oh ya untuk membuat resolusi ini tentu anda perlu beberapa tools antara lain :

  1. Buku NASIBMU di DOMPETMU yang bisa didapatkan di toko-toko buku. Buku ini berisi informasi yang lebih detail tentang perencanaan keuangan untuk karyawan dan keluarga.
  2. Kalkulator perencanaan keuangan yang bisa didapatkan di dalam lampiran buku NASIBMU di DOMPETMU atau kalau mau versi elektronik bisa didownload di sini

Oke, sekarang kita akan mulai membuat resolusi tahun 2013 yang berhubungan dengan keuangan kita ya. Semuanya ada 7 langkah dan kita akan mulai satu per satu secara berurutan.

Langkah Pertama : Buat goal setting – Apa resolusimu ?

Langkah pertama ini yang paling utama loh dan ini yang dinamakan dengan resolusi atau goal setting yang ingin anda raih di tahun-tahun mendatang. Apa yang anda inginkan yang berhubungan dengan aspek finansial di tahun mendatang ? Misalkan mau melanjutkan sekolah, mau menikah, mau beli mobil, mau beli motor, mau beli rumah, mau jalan-jalan, mau beli Iphone 5, mau beli notebook, mau renovasi rumah, mau beli apartemen, mau beli home teather, atau apapun keinginan anda yang lainnya. Goal setting ini penting loh, apalagi kata Stephen Covey di habits yang ke-2 orang yang efektif adalah orang yang memulai semuanya dengan tujuan akhir.

Langkan Kedua : Kapan anda menginginkan goal setting anda tercapai

Langkah kedua juga sangat penting adalah tentukan berapa lama anda ingin goal setting tersebut tercapai apakah dalam waktu 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun atau bahkan 10 tahun ke depan ?

Langkah Ketiga : Berapa harganya sekarang dan kenaikan harga per tahunnya

Langkah ketiga adalah check berapa dana atau uang yang anda butuhkan sekarang untuk merealisasikan goal setting anda tersebut. Ya anda bisa check di mal, internet, tour and travel, developer, showroom atau dimanapun juga sesuai dengan goal setting anda. Untuk menentukan kenaikan harga per tahunnya anda dapat ketahui ketika anda memeriksa harga di atas atau bisa juga menggunakan data pemerintah. Kalau saya boleh sarankan gunakan tingkat kenaikan harga sekitar 10-20% per tahun.

Langkah Keempat : Hitung besar investasi bulanan atau tahunan yang anda perlukan

Langkah keempat anda perlu sedikit berhitung ya dengan menggunakan kalkulator yang ada di buku NASIBMU di DOMPETMU atau bisa di download versi elektronik dengan link di atas. Nah dari kalkulator ini anda akan mengetahui berapa investasi setiap bulan atau setiap tahun yang anda perlukan. Oh ya untuk menggunakan kalkulatornya jangan lupa download manualnya ya yang ada di link di atas.

Langkah Kelima : Tentukan instrumen investasi

Langkah kelima ini adalah menentukan kendaraan yang anda perlukan untuk merealisasikan resolusi keuangan yang sudah anda tentukan mulai dari tahapan pertama hingga keempat. Instrumen investasi yang kita gunakan adalah reksadana. Mengapa reksadana ? Karena investasi di reksadana ini mudah, murah dan tanpa perlu banyak mikir kemudian yang paling penting bisa dibuat otomatis hingga resolusi anda tercapai. Untuk mengetahui tentang reksadana bisa dibaca di buku NASIBMU di DOMPETMU atau artikel tentang reksadana di sini.

Langkah Keenam : Take action – datang ke Bank

Langkah keenam adalah langkah yang paling penting karena langkah keenam inilah yang akan menentukan resolusi anda hanya sekedar wacana atau sebuah tindakan nyata yang akan mewujudkan resolusi anda. Caranya gimana ? Karena yang kita gunakan instrumen investasi reksadana maka cara yang paling mudah adalah sebagai berikut :

  1. Datangi bank agen penjual reksadana, saat ini sangat banyak bank yang menjual reksadana tetapi untuk tujuan anda yang memerlukan investasi dengan nilai di bawah 500 ribu per bulan memang tidak banyak kecuali Bank Commonwealth atau Bank Mandiri. Kedua bank ini menjual rekasadana dengan nilai retail mulai dari 100ribu per bulannya
  2. Buka account di bank tersebut di atas dengan membawa modal awal sekitar 500 ribu hingga 1 juta dan sampaikan anda mau membeli reksadana sesuai dengan hasil hitungan kalkulator di atas. Untuk produk reksadananya silakan konsultasikan dengan pihak bank ya waktu buka account.
  3. Minta bank untuk melakukan autodebet rekening anda setiap bulan sejumlah nilai sesuai dengan hasil perhitungan di kalkulator. Biar gampang print aja hasil hitungan-hitungannya dan bawa ke bank.

Langkah Ketujuh : Pantau dan nikmati hasil nyata resolusi anda

Langkah ketujuh atau terakhir adalah pantau hasilnya setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali untuk memastikan hitung-hitungan kita on the track. Kalau semua kondisi ekonomi Indonesia dan dunia baik maka anda akan menikmati hasil investasi anda dan memetik buah dari resolusi yang anda anda buat di tahun 2013 ini.

Nah sekarang anda sudah mengetahui 7 langkah membuat resolusi tahun 2013 menjadi sebuah kenyataan dan bisa berjalan secara otomatis setiap bulannya. Enak bukan ? Hehehe. Buat yang mau tanya atau konsultasi lebih detail silakan masuk ke www.mengelolakeuangan.com  atau langsung klik di sini ya. Terima kasih.

Andreas Hartono
Mindset & Financial Motivator
Penulis Buku NASIBMU di DOMPETMU

Andreas Hartono adalah seorang Mindset & Financial Motivator dan penulis 2 buah buku perencanaan keuangan "Nasibmu di Dompetmu" dan "Secangkir Cerdas Finansial". Andreas Hartono telah memberikan training kepada ratusan perusahaan dengan puluhan ribu alumni.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.