Investasi emas, memang menjanjikan dalam 10 tahun terakhir mengalami pertumbuhan rata-rata sekitar 18% per tahun. (detail lihat di sini). Tetapi apakah investasi emas ini direkomedasikan ? Beberapa hari lalu ketika mendengar pernyataan Faisal Basri seorang pakar ekonomi Indonesia mengatakan bahwa investasi emas tidak terlalu direkomendasikan. Bukan dari perspektif return-nya tetapi dari perspektif ekonomi secara nasional.

Mengapa investasi emas tidak direkomendasikan ? Karena investasi emas sifatnya pasif misalkan kita mempunyai uang 500 juta maka kita akan mendapatkan emas sebanyak 1000 gram atau 1 kg. Nah selama emas itu kita simpan maka uang 500 juta itu sifatnya pasif, berbeda dengan investasi yang lain misalkan pasar modal atau saham, dimana uang 500 juta tersebut akan digunakan untuk perputaran bisnis yang berdampak pada perekonomian nasional.

Jadi kalau mau investasi emas silakan tapi jangan banyak-banyak menurut Faisal Basri.

Andreas Hartono adalah seorang Mindset & Financial Motivator dan penulis 2 buah buku perencanaan keuangan "Nasibmu di Dompetmu" dan "Secangkir Cerdas Finansial". Andreas Hartono telah memberikan training kepada ratusan perusahaan dengan puluhan ribu alumni.

1 COMMENT

  1. investasi emas lebih bersifat hedging, karena kemampuannya melawan inflasi. apapun jenis usaha yang kita lakukan, saya sarankan untuk melindungi investasi kita dengan emas…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here