Join Kartu Prakerja(1)

Traffic Light Utang – Dalam lalu lintas kita mengenal yang namanya traffic light atau orang Indonesia suka menyebutnya dengan istilah lampu merah atau lampu lalu lintas.

Dalam lampu lalu lintas selalu ada 3 buah warna yaitu merah yang artinya stop, kuning yang artinya hati-hati dan hijau yang artinya jalan.

Dalam perencanaan keuangan kita juga mengenal yang namanya utang dimana utang ini bisa kita kategorikan seperti lampu lalu lintas yaitu utang merah, utang kuning dan utang hijau.

Utang merah kita kenal dengan istilah utang konsumtif dimana utang yang hanya untuk memenuhi keinginan atau kesenangan-kesenangan kita saja.

Join Kartu Prakerja(1)

Utang kuning kita kenal juga dengan utang bisnis yaitu untuk untuk meningkatkan produktifitas atau income kita.

Utang hijau disebut juga utang produktif dimana obyek utangnya bertumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan bunga utang yang kita bayarkan.

Nah dengan kamu mengenal traffic light utang maka harusnya kamu sudah bisa tahu mana yang boleh kamu ambil, mana yang harus hati-hati dan mana yang harus distop.

Video berikut ini Andreas Hartono, CFP akan menjelaskan lebih detail kepada anda mengenai traffic light utang ini. Silakan kamu tonton sampai habis ya dan jangan lupa kasih komentar.

Andreas Hartono, CFP

Andreas Hartono adalah seorang Mindset & Financial Motivator dan penulis 2 buah buku perencanaan keuangan "Nasibmu di Dompetmu" dan "Secangkir Cerdas Finansial". Andreas Hartono telah memberikan training kepada ratusan perusahaan dengan puluhan ribu alumni.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.