Solusi Menyelesaikan Utang

Solusi menyelesaikan utang itu penting loh untuk dipelajari supaya utang itu cepat tuntas. Dalam sebuh kesempatan training seorang peserta bertanya “saya punya banyak utang, ada yang nilainya besar dan ada yang nilainya kecil, mana yang harus saya lunasi terlebih dahulu ?”. Untuk menjawab pertanyaan ini ada banyak pendekatan dan kalau seorang perencana keuangan biasanya cenderung merekomendasikan untuk melunasi utang dengan bunga terbesar dahulu seperti utang kartu kredit.

Bagi saya yang memiliki dasar ilmu hypnosis cenderung akan berkata selesaikan dulu utang yang paling mudah yaitu utang dengan nilai terkecil dengan tujuan untuk membuat small win small win di dalam pikiran bawah sadar anda.

Solusi Menyelesaikan UtangMisalkan Mr. X memiliki 5 utang yang terdiri dari : utang teman 300 ribu, utang ortu 2 juta, utang kartu kredit 5 juta, utang motor 8 juta dan utang KPR 250 juta. Maka rekomendasi saya adalah selesaikan dahulu utang dengan nilai 300 ribu dimana ketika utang ini lunas maka anda dan pikiran bawah sadar anda akan berkata “yes.. berhasil…”. Ini adalah small win pertama yang menjadi bekal sangat penting bagi anda untuk menyelesaikan utang ke-2 senilai 2 juta, ketika utang kedua lunas maka anda dan pikiran bawah sadar anda akan merekam small win kedua dan secara tanpa ada sadari pikiran bawah sadar anda akan berkata menyelesaikan utang itu ternyata mudah ya. Maka untuk menyelesaikan utang ke-3 anda akan dan pikiran bawah sadar akan jauh lebih confident karena telah merekam beberapa small win.

Coba kalau dibalik dengan menyelesaikan utang dengan bunga tertinggi, kalau berhasil fine karena pikiran anda akan merekam small win tetapi kalau gagal dan sangat sulit maka yang terjadi adalah pikiran bawah sadar anda akan merekam bahwa membayar utang itu ternyata susah dan ini akan membuat anda semakin sulit untuk menyelesaikan semua utang yang ada.

Selamat menyelesaikan utang anda dengan lebih mudah dan fun.

Salam Cerdas Finansial,

Andreas Hartono, CFP
Mindset & Financial Motivator

Untuk kebutuhan inhouse training motivasi perencanaan keuangan “Karyawan Produktif itu Cerdas Finansial” silakan dapat menghubungi Andreas-Hartono Academy di 021.4060.9000 atau langsung ke Andreas Hartono di 0811.128.338

Andreas Hartono adalah seorang Mindset & Financial Motivator dan penulis 2 buah buku perencanaan keuangan "Nasibmu di Dompetmu" dan "Secangkir Cerdas Finansial". Andreas Hartono telah memberikan training kepada ratusan perusahaan dengan puluhan ribu alumni.

Leave a Reply