Tips Cerdas Pelatihan dan Pengembangan SDM

Pelatihan dan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) merupakan inti pokok pertumbuhan dan perkembangan sebuah perusahaan. Semua pemilik perusahaan ataupun top management pasti menginginkan SDM yang berkualitas yang berkinerja tinggi. Tetapi banyak perusahaan yang sudah mengeluarkan dana pelatihan dan pengembangan SDM yang besar belum mendapatkan hasil yang diinginkan.

Bicara tentang kinerja karyawan terdapat 3 faktor utama yang akan mempengaruhinya yaitu kualitas si SDM itu sendiri, kualitas perusahaan dan kualitas keluarga si SDM. Banyak perusahaan yang hanya fokusnya pada pelatihan dan pengembangan SDM yang berpusat pada kualitas si SDM dengan memberikan pengetahuan dan ketrampilan kerja yang berjubel dan kontinu dari waktu ke waktu tetapi sebenarnya ini akan menjadi sia-sia ketika perusahaan tidak memperbaiki suasana kerja dan kualitas keluarga si SDM yang amburadul.

Mari kita coba fokus pada 2 hal terakhir yaitu masalah kualitas perusahaan dan kualitas keluarga. Kualitas perusahaan menjadi sangat penting karena karyawan menghabiskan 1/3 waktunya tiap hari di kantor atau perusahaan. Suasana kerja, kejelasan sistem, apresiasi menjadi kata kunci kualitas perusahaan. Ketika karyawan diberikan kerja yang banyak dan target yang tinggi tetapi dalam suasana ketakutan, tertekan, tumpang tindih dan tidak ada apresiasi maka perusahaan akan menjadi sebuah neraka kecil bagi para karyawan. Maka sudah sepatutkan perusahaan juga dapat menjadi wadah yang nyaman bagi karyawan dengan menyediakan sistem kerja yang jelas, suasana kerja yang mendukung produktifitas dan tentunya sistem apresiasi yang adil dan mampu membangun semangat untuk berprestasi.

Pelatihan dan pengembangan SDM

Terakhir masalah keluarga menjadi aspek yang tidak kalah pentingnya, karena produktifitas karyawan dimulai dari rumah. Ketika karyawan berangkat sudah membawa masalah keluarga, tiba di kantor masih memikirkan masalah keluarga lalu kapan dia akan memikirkan perusahaan ? Survei mengatakan bahwa semakin tahun semakin banyak keluarga yang bermasalah dengan uang & keuangan, anak, orang tua & mertua serta keluarga besar. Tetapi sayang problem-problem ini sulit diatasi oleh para karyawan karena mereka tidak memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai. Karyawan selama hidupnya tidak diajarkan secara benar bagaimana mengelola uang, bagaimana mendidik dan membesarkan anak, bagaimana memahami psikologis orang tua, dll. Bahkan survei mengatakan bahwa masalah uang dan keuangan menjadi salah satu pemicuh tertinggi kasus perceraian suami istri di keluarga.

Sehingga kesimpulannya untuk membagun kualitas SDM yang baik maka pelatihan dan pengembangan SDM tidak saja hanya berfokus pada pengembangan kualitas SDM tetapi juga bagaimana perusahaan harus terus berbenah menjadi sebuah surga yang nyaman bagi karyawan untuk bekerja dan memastikan karyawan juga memiliki kualitas kehidupan rumah tangga yang baik.

Untuk masalah keluarga yang berhubungan dengan uang dan keuangan sudah ada titik terangnya bagi anda karena Andreas Hartono sebagai seorang Mindset & Financial Motivator sejak tahun 2010 telah mulai memikirkan bagaimana memberikan pelatihan yang sempurna kepada banyak karyawan untuk mampu mengelola uang dan keuangan dengan baik. Andreas Hartono telah memberikan pelatihan kepada ratusan perusahaan dengan ribuan alumni, kini giliran perusahaan anda merasakan bagaimana produktifitas dibangun mulai dari keluarga yang sejahtera.

Yuk berikan pelatihan dan pengembangan SDM anda yang berhubungan dengan aspek pengelolaan keuangan bersama Andreas Hartono.

Salam Cerdas Finansial,

Andreas Hartono, CFP
Mindset & Financial Motivator

Untuk kebutuhan inhouse training motivasi perencanaan keuangan “Karyawan Produktif itu Cerdas Finansial” silakan dapat menghubungi Andreas-Hartono Academy di 021.4060.9000 atau langsung ke Andreas Hartono di 0811.128.338

Andreas Hartono adalah seorang Mindset & Financial Motivator dan penulis 2 buah buku perencanaan keuangan “Nasibmu di Dompetmu” dan “Secangkir Cerdas Finansial”. Andreas Hartono telah memberikan training kepada ratusan perusahaan dengan puluhan ribu alumni.

Leave a Reply