Seperti halnya kesehatan fisik yang harus dicheck up secara berkala demikian juga halnya dengan kesehatan dompet kita juga perlu dicheck. Dalam banyak teori ditemukan berbagai macam cara untuk mengecek kesehatan keuangan seseorang dan secara simple-nya ada 3 hal utama yang perlu anda periksa yaitu :

1. Jumlah uang di tabungan, standar yang saya gunakan untuk karyawan adalah minimal 2 kali pengeluaran setiap bulannya sedangkan untuk self employee minimal 6 kali. Tabungan ini suka disebut dengan istilah likuiditas atau dana darurat. Ayo poin 1 ini anda normal atau abnormal ?

2. Kebiasaan menabung secara rutin, standarnya minimal 10% dari setiap income yang didapat. Ayo poin 2 ini anda normal atau abnormal ?

3. Jumlah cicilan hutang per bulan, standarnya tidak lebih dari 30% dari penghasilan tetap setiap bulannya. Ayo poin 3 ini anda normal atau abnormal ?

Nah dari ketiga poin di atas kalau boleh dibuat kesimpulannya sebagai berikut :

  • Ketiga poin diatas normal semuanya maka keuangannya anda dapat dianggap sehat walafiat.
  • Ada 1 poin yang abnomal berarti keuangan anda sudah sakit tapi statusnya cukup rawat jalan saja.
  • Ada 2 poin yang abnomal berarti keuangan anda sudah sakit dan statusnya perlu rawat inap.
  • Ada 3 poin yang abnomal berarti keuangan anda sudah sakit parah dan statusnya perlu masuk ICU.

Bagaimana hasil financial check up anda yuk share di forum ini.

Salam,
Andreas Hartono

Andreas Hartono adalah seorang Mindset & Financial Motivator dan penulis 2 buah buku perencanaan keuangan "Nasibmu di Dompetmu" dan "Secangkir Cerdas Finansial". Andreas Hartono telah memberikan training kepada ratusan perusahaan dengan puluhan ribu alumni.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.