Analisis Teknikal Saham Januari 2017 – Waspada Downtrend

Hai, artikel kali ini saya akan mengajak anda semua untuk sedikit menjadi ahli nujum ya. Hehehe. Artikel ini sebenarnya adalah aplikasi dari artikel sebelumnya tentang bagaimana membaca trend saham dengan mudah.

Lagi-lagi saya ingin menegaskan bahwa apa yang saya tulis ini tidak diperuntukkan bagi anda sebagai seorang trader tetapi lebih cocok untuk anda sebagai seorang investor. Apa bedanya trader dan investor ? Sudah pada tahu khan ? Kalau masih blom juga silakan baca dulu ya artikel tentang investor, trader atau gambler.

Oke langsung to the point saja, kalau kita analisis pergerakan harga saham di Indonesia dalam 50 sd 150 hari terakhir maka saat ini dapat kita simpulkan bahwa kondisi investasi saham di Indonesia sedang memasuki fase DOWN TREND. Kalau anda sudah membaca artikel membaca trend saham dengan mudah coba anda amati bagaimana grafik moving average alias MA50 dan MA150. Yes jelas sekali bahwa MA50 sudah memotong MA150 alias sudah berada di bawah yang artinya market dalam beberapa bulan ke depan cenderung akan memasuki fase downtrend.

Analisis Teknikal Saham SederhanaApa implikasinya bagi anda sebagai investor di saham ataupun reksadana saham? Kalau anda sebagai investor baru maka ini adalah waktu yang tepat untuk memulai investasi karena harga saham cenderung sedang akan turun dalam beberapa minggu atau bulan ke depan. Nah kalau anda sudah investasi cukup lama dan sudah terjadi akumulasi dana yang relatif besar siap-siap ambil ancang-ancang untuk memindahkan uang anda ke produk investasi yang lebih stabil yaitu deposito atau reksadana pasar uang.

Apakah sekarang sudah bisa dilakukan switching ? Nanti dulu saat ini cukup ancang-ancang saja alias dalam status siaga dulu sambil mengamati situasi lebih lanjut. Apa yang kita amati ? Sektor-sektor industri yang ada di dalam pasar modal indonesia. Dengan cara yang sama menggunakan MA50 dan MA150 anda dapat melihat trend setiap sektor industri yang ada di dalam saham Indonesia yaitu sektor keuangan, tambang, properti, agribisnis, consumer, infrastruktur, perdagangan, industri dasar dan aneka industri. Nah dari 9 sektor tersebut kalau anda periksa dengan MA50 dan MA150 maka ada 5 sektor yang sudah memasuki fase DOWNTREND yaitu property, consumer, infrastrktur, perdagangan dan aneka industri. Sedangkan 4 sektor lainnya masih uptrend bahkan masih cukup kuat sehingga untuk menuju downtrend masih cukup lama.

Analisis Teknikal Saham SederhanaSo saat ini statusnya siaga saja dulu ya sambil tunggu perkembangan bulan beberapa mingu ke depan berharap downtrend saat ini hanyalah situasi sideways saja. Nantikan analisis teknikal saham berikutnya.

Buat anda yang mau memberikan pelatihan tentang investasi kepada para karyawan supaya gak boros dan konsumtif silakan hubungi Quality Life Academy di 0811.128.338 atau kunjungi link di bawah ini. Salam Cerdas Finansial.

Quality Life Academy
School of Financial Planning & Parenting

Office : 0811.929.365
Andreas : 0811.128.338
Website : www.qualitylife.id

Andreas Hartono adalah seorang Mindset & Financial Motivator dan penulis 2 buah buku perencanaan keuangan "Nasibmu di Dompetmu" dan "Secangkir Cerdas Finansial". Andreas Hartono telah memberikan training kepada ratusan perusahaan dengan puluhan ribu alumni.

Leave a Reply