Silakan simak video saya tentang Level Kecerdasan Finansial di atas ya.

Level Kecerdasan Finansial seseorang itu ternyata sejalan bersamaan dengan perjalanan kehidupan manusia dari satu zaman ke zaman berikutnya. Melalui video ini anda dengan mudah akan mendapatkan pencerahan sampai seberapa cerdas level kecerdasan finansial anda dengan melihat perkembangan kehidupan manusia dari 4 zaman berikut ini.

Zaman berburu, adalah zaman dimana manusia kehidupan manusia dapat diketegorikan masih primitif dimana prinsip hidupnya adalah dapat sesuatu harus segera dihabiskan. Itu jugalah level kecerdasan finansial manusia yang paling rendah yaitu dapat sesuatu cenderung langsung segera dihabiskan. Ketika mendapat gaji, bonus atau THR yang terpikir pertama kali adalah bagaimana menghabiskan uang yang diterima tersebut.

Zaman bertani, pada zaman ini pola kehidupan manusia berubah 180 derajat dibandingkan zaman sebelumnya karena adanya masa menunggu mulai dari masa menanam hingga masa panen. Pada zaman bertani inilah manusia mulai memiliki konsep untuk menyisihkan dari apa yang dihasilkan untuk disimpan dalam rangka bertahan hidup sambil menunggu masa panen berikutnya. Konsep menyisihkan dari apa yang dihasilkan inilah yang diakhirnya dikenal dengan istilah menabung dalam dunia yang lebih modern, yaitu dengan menyisihkan apa yang dihasilkan sewaktu panen. Dalam konteks perencanaan keuangan inilah level kecerdasan finansial yang lebih tinggi yaitu kemampuan untuk menyisihkan atau menabung dari apa yang dihasilkan setiap bulannya.

Zaman industri, adalah zaman dimana manufaktur termasuk di dalamnya indutsri jasa mulai bertumbuh pesat sehingga manusia mulai mencari sesuatu yang lebih aman untuk menjaga uang yang telah mereka sisihkan setiap bulannya. AKhirnya orang lebih memilih untuk menempatkan uangnya di bank dibandingkan di celengan atau di rumah supaya uang mereka lebih aman dan juga ada sedikit bunga yang akan mereka didapatkan.

Zaman digital, adalah zaman yang paling akhir dan yang laing modern yang kita hadapi saat ini dimana semua hal bergerak dengan sangat cepat, sehingga mengharapkan keuntungan dari uang yang ditempatkan di bank saja ternyata kalah cepat dibandingkan dengan laju inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Akhirnya manusia berpikir tidak hanya menempatkan uangnya di bank saja tetapi bagaimana juga menempatkan uangnya di produk investasi lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan bunga bank dan laju inflasi.

Dengan melihat perkembangan zaman inilah akhirnya Andreas Hartono, CFP sebagai seorang Professional Financial Planner membuat 5 level Kecerdasan Finansial yaitu :

  1. Level 1 – Menghabiskan Uang
  2. Level 2 – Menyisihkan Uang
  3. Level 3 – Mengamankan Uang
  4. Level 4 – Melipatgandakan Uang
  5. Level 5 – Mendistribusikan Uang

Sekarang silakan diperiksa sampai sejauh manakah level Kecerdasan Finansial Anda ?

Salam Cerdas Finansial,

Andreas Hartono, CFP

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.