Tips Hemat Pengeluaran – Gampang Koq Banyak Alternatif

Tips hemat pengeluaran itu ternyata sederhana sekali kalau kita mau usaha dan kreatif sedikit. Hehehe. Dalam aliran cashflow atau arus kas kita mengenal dua sisi besar yaitu pemasukan dan pengeluaran. Tujuan utama dari cashflow ini adalah harus positif artinya pemasukan harus lebih besar daripada pengeluaran. Nah supaya positif ada beberapa kemungkinan yaitu menaikkan pemasukan atau menurunkan pengeluaran.

Saya sebagai seorang trainer dan konsultan ada pos pengeluaran yang bersifat variable yaitu biaya transportasi. Jadi besarnya biaya transpor sangat tergantung dimana saya dipanggil untuk mengajar. Nah dalam bulan ini saya banyak aktifitas di salah satu lembaga pemerintahan di daerah percetakan negara. Kalau dihitung secara jarak sekitar 50 km dari rumah saya di sekitaran BSD. Kalau bolak balik artinya 100 km dan bisa menghabiskan bensin sekitar 10 liter. Kalau ditotal sehari bolak-balik biaya bensin, tol, parkir bisa menghabiskan sekitar 140 ribuan sehari.

Tips hemat pengeluaran KRL

Lalu saya mulai berpikir bagaimana cara menghemat angka 140 ribu per hari tersebut. Yang saya lakukan adalah mencari alternatif transportasi dan setelah diselidiki ternyata lembaga pemerintahan tersebut berjarak sekitar 500 meter dari stasiun kereta kramat. Langsung saya buka map KRL yang saya punya dan ternyata saya bisa akses stasiun kramat tersebut dengan KRL dari BSD.

Akhirnya di pertemuan berikutnya saya pun memarkirkan mobil saya di stasiun BSD dan naik kereta sampai di stasiun kramat dan melanjutkan olahraga jalan kaki 500 meter untuk sampai di lokasi. Dan dengan kereta ini total pengeluaran yang saya lakukan untuk bensin, KRL dan parkir sebesar 21 ribu saja. Kalau saya bandingkan dengan saya naik mobil maka ternyata saya bisa berhemat hingga 85% dari total biaya transport yang harus saya keluarkan.

So untuk hemat pengeluaran, sebenarnya mudah asal kita kreatif untuk mencari solusinya. Lumayan penghematan 85% yang saya lakukan bisa buat menambah uang rekreasi keluarga di saat weekend.

Salam,

Andreas Hartono, CFP
Mindset & Financial Motivator

Untuk kebutuhan inhouse training motivasi perencanaan keuangan “Karyawan Produktif itu Cerdas Finansial” silakan dapat menghubungi Andreas-Hartono Academy di 021.4060.9000 atau langsung ke Andreas Hartono di 0811.128.338

Leave a Reply