Ayo Menabung Reksadana 100 ribuan

Menabung reksadana 100 ribuan bisa loh. Murah khan ? Biasanya reksadana identik dengan investasi tapi koq ini dikatakan menabung ? Pertanyaan ini banyak saya dengar dari teman-teman dan peserta training saya. Prinsip dasar dari menabung dan investasi adalah bagaimana kita melipat gandakan uang kita atau yang biasa saya sebut dengan istilah peternakan uang. Kemudian menabung identik dengan tujuan jangka pendek di bawah 1 tahun seperti untuk operasional harian dan juga untuk dana darurat sedangkan investasi umumnya digunakan untuk tujuan jangka menengah dan panjang.

Mengapa untuk tujuan jangka panjang orang harus investasi dan bukan menabung saja ? Semua pasti sudah tahu dalam ilmu keuangan ada sebuah monster besar yang akan memakan uang anda yang kita kenal dengan inflasi. Di Indonesia dari beberapa data yang saya miliki menunjukkan bahwa inflasi kita mencapai 10-20% per tahun. Coba bandingkan dengan bunga tabungan yang kita miliki, berapa bunganya per tahun ? Hehehe cuman 1-2% saja per tahun artinya kalah jauh dibandingkan dengan inflasi bahkan kadang bunga tabungan itu untuk membayar biaya administrasi bulanan saja gak cukup. Nah loh. Hehehe

Menabung reksadana modal 100 ribuan

Makanya untuk tujuan jangka panjang kita selalu menamakan itu dengan investasi dan salah satu  targetnya adalah bagaimana bisa mengalakan laju inflasi setiap tahunnya. Beberapa produk yang saya rekomendasikan antara lain adalah reksadana, saham, logam mulia dan properti.

Balik ke topik lagi masalah nabung reksadana. Apa maksudnya ? Saya ingin mengajak anda untuk membagi tabungan anda di bank ke produk reksadana yang berjenis pasar uang. Reksadana pasar uang secara mekanisme pengelolahan dana yang dilakukan oleh Manager Investasi ke portofolio deposito atau surat utang jangka pendek. Saat ini reksadana pasar uang memiliki return sekitar 6-8% per tahun. Coba bandingkan dengan tabungan ? Masih jauh lebih besar reksadana pasar uang khan ?

Artikel Rekomendasi :  Membeli Reksadana Di Bank ?

Misalkan setiap bulan anda menabung 500 ribu ke tabungan, sekarang tidak ada salahnya anda sisihkan sekitar 100 hingga 200 ribu ke produk reksadana pasar uang. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan ada dapatkan dengan sedikit memindahkan porsi tabungan anda ke reksadana pasar uang.

Kelebihan Menabung Reksadana 100 ribuan:

  1. Bunga yang akan anda dapatkan sekitar 6-8% per tahun yang artinya jauh lebih besar daripada bunga tabungan biasa
  2. Fleksibel karena anda cukup menabung dengan nilai mulai dari 100 ribu per sekali transaksi
  3. Belinya gampang dan bisa setiap saat dengan menggunakan komputer atau handphone anda
  4. Dapat dilakukan untuk nabung rutin dengan cara auto debet atau auto invest
  5. Bebas pajak artinya hasil investasi anda sudah tidak dikenakan pajak lagi

Kekurangan Menabung Reksadana 100 ribuan:

  1. Sedikit repot di awal untuk buka rekening reksadana karena ada cukup banyak isian yang harus anda isi dan ada beberapa dokumen yang harus anda submit
  2. Ada risiko karena tidak dijamin oleh negara, berbeda dengan tabungan yang dijamin oleh LPS sehingga kalau terjadi sesuatu dengan Manager Investasi maka uang anda bisa berkurang nilainya. Kalau ini solusinya cari saja Manager Investasi dengan reputasi yang baik untuk memimalisasi risiko.
  3. Susah nariknya, karena untuk penarikan dana perlu waktu 1-3 hari kerja untuk sampai ke rekening tabungan anda. Ini sebenarnya bisa jadi kelebihan supaya anda tidak mudah untuk mengambil uang tabungan anda. Hehehe
  4. Perlu belajar untuk memahami sedikit ilmu tentang reksadana khususnya pasar uang. Kalau ini silakan baca artikel saya tentang investasi reksadana.
  5. Agen penjual reksadana retail relatif sedikit kalau dibandingkan dengan bank yang ada dimana-mana
Artikel Rekomendasi :  Membeli Reksadana Di Bank ?

Menabung reksadana 100 ribuan

Nah sekarang sudah lebih tahu khan mengapa saya sebut menabung reksadana ? Karena memang tujuannya untuk menabung seperti nabung pada umumnya di bank tetapi menggunakan instrumen reksadana jenis pasar uang yang memiliki return yang jauh lebih baik dibandingkan dengan tabungan.

Buat anda mau belajar dan mau memulai mencoba menabung reksadana silakan anda bisa buka rekening di www.ipotfund.com , nanti silakan anda bisa pilih reksadana jenis pasar uang yang saat ini jumlahnya ada sekitar 10an produk. Ayo mulai nabung reksadana 100 ribuan mulai hari ini.

Salam,

Andreas Hartono, CFP
Mindset & Financial Motivator

Untuk kebutuhan inhouse training motivasi perencanaan keuangan “Karyawan Produktif itu Cerdas Finansial” silakan dapat menghubungi Andreas-Hartono Academy di 021.4060.9000 atau langsung ke Andreas Hartono di 0811.128.338

Andreas Hartono adalah seorang Mindset & Financial Motivator dan penulis 2 buah buku perencanaan keuangan "Nasibmu di Dompetmu" dan "Secangkir Cerdas Finansial". Andreas Hartono telah memberikan training kepada ratusan perusahaan dengan puluhan ribu alumni.

Leave a Reply