Yuk Baca Data Kinerja Investasi Emas, Saham, Reksadana dan Properti

Kinerja investasi emas, saham, reksadana dan properti kira-kira mana ya yang lebih kinclong ? Sejak tahun 2012, saya cukup rajin untuk mengumpulkan data kinerja produk-produk investasi yang umum di masyarakat. Produk tersebut adalah logam mulia emas, saham, reksadana dan properti dimana keempat produk investasi ini memiliki kecenderungan dan keunikannya masing-masing. Berikut adalah data terkahir yang saya cuplik kinerja ke-4 produk tersebut selama 13 tahun terakhir atau sejak 1 Oktober 2012 hingga 1 Oktober 2015.

Kinerja Investasi Reksadana

Kalau melihat data 13 tahun terakhir ini masih kecederungan produk investasi yang berhubungan dengan saham baik itu saham sendiri maupun reksadana saham memiliki tingkat pertumbuhan yang lebih baik.

Tapi… Ini yang paling penting ternyata dalam 10 sampai dengan 13 tahun terakhir ini semua produk investasi baik logam mulia emas, saham, reksadana dan properti mengalami penurunan. Ini datanya.

Kinerja Produk Investasi 10-13 Tahun

Tuh khan dalam 4 tahun terakhir ini semua produk investasi baik itu logam mulia, saham, reksadana dan properti mengalami penurunan meskipun secara data penurunan kinerja di sektor properti tidak sedalam produk investasi saham dan reksadana.

Lalu apa yang bisa kita lakukan dari data dan informasi di atas ? Hanya 1 yang bisa kita lakukan adalah upgrade knowledge yang kita miliki. Saat ini relatif sulit mendapatkan hasil investasi dengan konsep berdiam diri yaitu beli dan diamkan dalam waktu yang lama. Dalam perjalanan investasi kita  ada saatnya kita perlu melakukan pergeseran investasi, ada waktunya kita switching, ada waktunya kita jual dan ada waktunya kita masuk lagi ke produk investasi di atas.

Dengan pengetahuan yang baik masih ada harapan besar bahwa situasi yang semakin sulit dan semakin memburuk bisa menjadi lebih baik di masa mendatang. Dalam dunia investasi sebenarnya tidak mengenal good news dan bad news karena semuanya menjadi relatif berada dimana mana kita pada saat itu.

Salam Cerdas Finansial,

Andreas Hartono, CFP
Mindset & Financial Motivator

Untuk kebutuhan inhouse training motivasi perencanaan keuangan “Karyawan Produktif itu Cerdas Finansial” silakan dapat menghubungi Andreas-Hartono Academy di 021.4060.9000 atau langsung ke Andreas Hartono di 0811.128.338

Leave a Reply