Beberapa waktu yang lalu ketika mengisi training di Bandung seorang peserta training menceritakan kepada saya tentang pesan kakeknya mengenai uang sebagai berikut :

Kalau kamu punya uang lebih janganlah membeli besi karena besi bisa berkarat dan kalau sudah berkarat maka nilainya akan berkurang, tetapi belilah tanah yang nilainya akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu.

Kakek tersebut pada zamannya termasuk orang yang sejahtera karena dia memiliki begitu banyak lahan di daerahnya dan meninggalkan warisan yang sangat banyak kepada anak dan cucunya.

Bagaimana dengan kita apakah kita prioritas membeli barang yang nilainya bertambah (tanah, emas, kebun, ternak, dll) ataukah lebih prioritas membeli besi (mobil, motor, handphone, televisi, dll) yang cenderung berkurang nilainya ?

Pilihan anda akan menentukan nasib anda di masa akan datang.

-Andreas Hartono

Andreas Hartono adalah seorang Mindset & Financial Motivator dan penulis 2 buah buku perencanaan keuangan “Nasibmu di Dompetmu” dan “Secangkir Cerdas Finansial”. Andreas Hartono telah memberikan training kepada ratusan perusahaan dengan puluhan ribu alumni.

Leave a Reply